Karya Ilmiah (Skripsi)
Ciri-Ciri Karya Ilmiah
1. Struktur Sajian
Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri
dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian
penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti
merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari
beberapa bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan kesimpulan pokok
pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.
2. Komponen dan Substansi
Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya,
namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan
daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya
abstrak.
3. Sikap Penulis
Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang
disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan
banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama
atau kedua.
4. Penggunaan Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku
yang tercermin dari pilihan kata / istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif
dengan struktur yang baku.
Macam-Macam Karya Ilmiah
1. Skripsi; adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa
untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi ditulis
berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Pendapat tersebut didukung data dan
fakta empiris-obyektif, baik berdasarkan penelitian langsung, observasi
lapangan / penelitian di laboratorium, ataupun studi kepustakaan. Skripsi
menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material
berupa penemuan baru.
2. Tesis; adalah jenis karya tulis dari hasil studi
sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan
pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi.
Orisinalitas tesis harus nampak, yaitu dengan menunjukkan pemikiran yang bebas
dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang. Tesis juga
bersifat argumentative dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang
memiliki bobot orisinalitas tertentu.
3. Disertasi; adalah karya tulis ilmiah resmi akhir
seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi
merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang
berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.
Sikap Ilmiah
Dalam penulisan karya ilmiah, terdapat 7 sikap ilmiah yang
merupakan sikap yang harus ada. Sikap-sikap ilmiah tersebut adalah sebagai
berikut :
1) Sikap ingin tahu
Sikap ingin tahu ini terlihat pada kebiasaan bertanya
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya.
2) Sikap kritis
Sikap kritis ini terlihat pada kebiasaan mencari informasi
sebanyak mungkin berkaitan dengan bidang kajiannya untuk dibanding-banding
kelebihan -kekurangannya, kecocokan-tidaknya, kebenaran-tidaknya, dan
sebagainya.
3) Sikap obyektif
Sikap objektif ini terlihat pada kebiasaan menyatakan apa
adanya, tanpa diikuti perasaan pribadi.
4) Sikap ingin menemukan
Selalu memberikan saran-saran untuk eksperimen baru.
Kebiasaan menggunakan eksperimen-eksperimen dengan cara yang baik dan
konstruktif. Selalu memberikan konsultasi yang baru dari pengamatan yang
dilakukannya.
5) Sikap menghargai karya orang lain
Sikap menghargai karya orang lain ini terlihat pada
kebiasaan menyebutkan sumber secara jelas sekiranya pernyataan atau pendapat
yang disampaikan memang berasal dari pernyataan atau pendapat orang lain.
6) Sikap tekun
Tidak bosan mengadakan penyelidikan, bersedia mengulangi
eksperimen yang hasilnya meragukan, tidak akan berhenti melakukan
kegiatan-kegiatan apabila belum selesai. Terhadap hal-hal yang ingin
diketahuinya ia berusaha bekerja dengan teliti.
7) Sikap terbuka
Sikap terbuka ini terlihat pada kebiasaan mau mendengarkan
pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain, walaupun pada
akhirnya pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain tersebut
tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Perkembangan jaman yang semakin modern terutama pada era
globalisasi seperti sekarang ini menuntut adanya sumber daya manusia yang
berkualitas tinggi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat
mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan.
Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia
tersebut adalah pendidikan.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan
potensi sumber daya manusia melalui kegiatan pengajaran. UU Sistem Pendidikan
Nasional No. 20 tahun 2003, menyatakan, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
yaitu manusia yang bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan (UU Sisdiknas : 2003).
1
Sekolah Menengah Atas (SMA) mempunyai tujuan yaitu
menciptakan atau menyiapkan peserta didik agar mempunyai kemampuan untuk
melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Perguruan Tinggi.
Salah satu usaha yang digunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah
meningkatkan prestasi belajar siswa.
Prestasi belajar merupakan tolok ukur yang utama untuk
mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang prestasinya tinggi
dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Prestasi belajar adalah
tingkat pengetahuan sejauh mana anak terhadap materi yang diterima (Slameto,
1993:17)
Prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang dicapai
siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di
sekolah (Tu’u,2004:75). Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa dapat
dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari diri siswa (faktor
internal) maupun dari luar siswa (faktor eksternal). Faktor internal
diantaranya adalah minat, bakat, motivasi, tingkat intelegensi. Sedangkan
faktor eksternal diantaranya adalah faktor metode pembelajaran dan
lingkungan...............
"Contoh Skripsi Akuntansi Judul Pengaruh Motivasi,
Metode Pembelajaran, dan Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
pada Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Karanganom Klaten"
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diungkapkan maka dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimanakah
motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten?
2. Bagaimanakah
metode pembelajaran yang digunakan guru akuntansi dalam pembelajaran pada siswa
kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten?
3. Bagaimanakah
kondisi lingkungan sekolah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten?
4. Bagaimanakah
kondisi lingkungan keluarga siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten?
5. Apakah ada
pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar, metode pembelajaran,
lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi
pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten?
1.3 Tujuan
Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui
motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten.
2. Untuk mengetahui
metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran akuntansi pada siswa
kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten.
3. Untuk mengetahui
kondisi lingkungan sekolah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten.
4. Untuk mengetahui
kondisi lingkungan keluarga siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten.
5. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan antara motivasi belajar, metode pembelajaran, lingkungan sekolah dan
lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IS
SMA Negeri 1 Karanganom Klaten.
1.4 Manfaat
Penelitian Skripsi Akuntansi
Manfaat yang diharapakan oleh peneliti dari pelaksanaan
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.4.1 Manfaat
teoritis
a. Menambah wawasan
dan pengetahuan peneliti mengenai masalah yang diteliti
b. Sebagai latihan
dan pengalaman dalam mempraktekkan teori yang diterima dibangku kuliah
1.4.2 Manfaat praktis
a. Bagi siswa dapat
menumbuhkan motivasi belajar yang positif terhadap mata pelajaran akuntansi
b. Bagi sekolah
sebagai masukan dalam usaha meningkatkan kualitas peserta didik
c. Bagi guru
sebagai masukan untuk dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat sehingga
dapat membangkitkan motivasi belajar akuntansi siswanya
d. Bagi orang tua
dapat menambah kesadaran untuk lebih memberikan dukungan dan motivasi terhadap
pendidikan anak
1.5 Sistematika
Penulisan Skripsi
Sistematika skripsi disusun sebagai berikut :
1. Bagian
Pendahuluan Skripsi yang berisi tentang halaman judul, halaman pengesahan,
ringkasan atau sari, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan daftar
lampiran.
2. Bagian isi
skripsi terdiri dari :
BAB 1 : Pendahuluan
berisi manfaat penelitian
BAB II : Bab ini berisi tentang landasan teori yang
membahas teori yang disajikan sebagai acuan penelitian untuk menggadakan
penelitian
BAB III : Prosedur
penelitian meliputi setting penelitian, prosedur penelitian
BAB IV : Laporan
hasil penelitian yang mengguraikan hasil penelitian dan pembahasan
BAB V : Penutup yang
terdiri dari kesimpulan dan saran
3. Bagian akhir skripsi berisi tentang daftar pustaka dan
lampiran-lampiran.
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel
Ciri-ciri Artikel
1. Lugas,
yaitu penulisan langsung menuju persoalan.
2. Logis,
yaitu segala keterangan yang dipaparkan memiliki dasar dan alas an yang logis
(masuk akal) dan dapat diuji kebenarannya.
3. Tuntas,
yaitu masalah dikupas secara mendalam.
4. Objektif,
yaitu keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada.
5. Cermat,
yaitu berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.
6. Jelas
dan padat, yaitu keterangan yang dikemukakan dapat dipahami pembaca dan tidak
bertele-tele.
7. Tidak
melibatkan emosi berlebihan, seperti rasa haru, marah, benci atau kagum yang
berlebihan.
8. Terbuka
dan tidak egois, yaitu menerima kemungkinan pendapat baru dan tidak merasa diri
paling benar.
9. Memperhatikan
bahasa baku dan mengikuti kaidah tanda baca yang diakui.
Macam-macam Artikel
Artikel Eksploratif
Artikel atau tulisan yang berisi ungkapan dari fakta-fakta menurut sudut pandang si penulis
Contoh artikel Eksploratif : Makalah penelitian
Artikel atau tulisan yang berisi ungkapan dari fakta-fakta menurut sudut pandang si penulis
Contoh artikel Eksploratif : Makalah penelitian
Artikel Eksplanatif
Adalah tulisan yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca menurut berbagai sudut pandang, terutama dari sudut penulisnya
Contoh artikel Eksplanatif : Buku berjudul “3 Ciri Pribadi Sukses” oleh (Kevin Wu. Gatra, 16 Maret 2011), serta buku-buku sejenisnya yang lain
Adalah tulisan yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca menurut berbagai sudut pandang, terutama dari sudut penulisnya
Contoh artikel Eksplanatif : Buku berjudul “3 Ciri Pribadi Sukses” oleh (Kevin Wu. Gatra, 16 Maret 2011), serta buku-buku sejenisnya yang lain
Artikel Deskriptif
Artikel atau tulisan yang disusun untuk menggambarkan sebuah permasalahan yang sedang terjadi dalam masyarakat
Contoh artikel Deskriptif : Berita tentang aksi tawuran antar kampung
Artikel atau tulisan yang disusun untuk menggambarkan sebuah permasalahan yang sedang terjadi dalam masyarakat
Contoh artikel Deskriptif : Berita tentang aksi tawuran antar kampung
Artikel Prediktif
Artikel yang memuat tentang sesuatu yang sifatnya akan atau belum terjadi, menurut analisa si penulis
Contoh artikel Prediktif : Prakiraan cuaca, Prediksi skor (hasil) pertandingan sepakbola
Contoh:
Upaya
peningkatan mutu guru
Dalam konteks pembangunan sektor pendidikan, pendidik merupakan pemegang peran yang amat sentral. Guru adalah jantungnya pendidikan. Tanpa denyut dan peran aktif guru, kebijakan pembaruan pendidikan secanggih apa pun tetap akan sia-sia. Sebagus apa pun dan semodern apa pun sebuah kurikulum dan perencanaan strategis pendidikan dirancang, jika tanpa guru yang berkualitas, tidak akan membuahkan hasil optimal. Artinya, pendidikan yang baik dan unggul tetap akan tergantung pada kondisi mutu guru. Beberapa upaya untuk meningkatkan mutu guru adalah sebagai berikut. Sertifkasi guru Program ini sebenarnya diawali dari sebuah hipotesa, bahwa guru yang professional dan berkualitas akan terwujud apabila kesejahteraannya mencukupi. Sebaliknya jangan harap seorang guru akan professional, jika kesejahteraannya tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari. Lalu kemudian, ternyata hipotesa itu terjawab. Dari data statistik menyebutkan bahwa para guru penerima tunjangan profesi yang cukup besar, ternyata belum menunjukkan kemajuan kualitas dalam proses mengajarnya. Mereka tidak berubah, mengajar biasa-biasa saja. Meskipun mereka sudah menerima tunjangan profesi sebagaimana yang diharapkan pemerintah untuk menjadi guru yang professional dengan berbagai kriteria yang sudah ditentukan dalam proses sertifikasi guru. Jadi menurut penulis ada hipotesa baru, yaitu ‘besarnya penghasilan guru belum tentu menjadi penyebab berkembangnya kualitas guru dalam bekerja’. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru.
---------------------------------------------------------------------------------------------
Cerpen
Ciri - Ciri dari
sebuah cerpen adalah
·
Bentuk tulisannya
·
singkat, padat, dan lebih pendek daripada novel.
·
Terdiri
kurang dari 10.000 kata.
·
Sumber cerita dari kehidupan sehari-hari, baik
pengalaman sendiri maupun orang lain.
·
Tidak melukiskan seluruh kehidupan pelakunya
karena mengangkat masalah tunggal atau sarinya saja.
·
Habis dibaca sekali duduk dan hanya mengisahkan
sesuatu yang berarti bagi pelakunya saja.
·
Tokoh-tokohnya dilukiskan mengalami konflik
sampai pada penyelesaiannya.
·
Penggunaan kata-katanya sangat ekonomis dan
mudah dikenal masyarakat.
·
Sanggup
meninggalkan kesan mendalam
dan mampu meninggalkan
efek pada perasaan pembaca.
·
Menceritrakan
satu kejadian, dari
terjadinya perkembangan jiwa
dan krisis,tetapi tidak
sampai menimbulkan perubahan
nasib.
·
Beralur tunggal dan lurus.
·
Penokohannya
sangat sederhana, singkat,
dan tidak mendalam.
sumber : Buku SMA Bahasa Indonesia
jenis-jenis cerpen
berdasarkan jumlah katanya :
1. Cerpen mini (flash), cerpen dengan jumlah kata antara 750-1.000
buah.
2. Cerpen yang ideal, cerpen dengan jumlah kata antara
3.000-4000 buah.
3. Cerpen panjang, cerpen yang jumlah katanya mencapai angka
10.000 buah.
Sekarang berdasarkan
teknik mengarangnya, cerpen dibedakan menjadi :
1. Cerpen sempurna (well made short-story), cerpen yang
terfokus pada satu tema dengan plot yang sangat jelas, dan ending yang mudah
dipahami. Cerpen jenis ini pada umumnya bersifat konvensional dan berdasar pada
realitas (fakta). Cerpen jenis ini biasanya enak dibaca dan mudah dipahami
isinya. Pembaca awam bisa membacanya dalam tempo kurang dari satu jam
2. Cerpen tak utuh (slice of life short-story), cerpen yang
tidak terfokus pada satu tema (temanya terpencar-pencar), plot (alurnya) tidak
terstruktur, dan kadang-kadang dibuat mengambang oleh cerpenisnya. Cerpen jenis
ini pada umumnya bersifat kontemporer, dan ditulis berdasarkan ide-ide atau
gagasan-gagasan yang orisinal, sehingga lajim disebut sebagai cerpen ide
(cerpen gagasan). Cerpen jenis ini sulit sekali dipahami oleh para pembaca awam
sastra, harus dibaca berulang kali baru dapat dipahami sebagaimana mestinya.
Para pembaca awam sastra menyebutnya cerpen kental atau cerpen berat.
Karena di Atas Langit Masih Ada Langit
Ada hal menarik yang selalu membuatku penasaran dengan dia,
Suci namanya. Dia teman sekelasku saat aku duduk di bangku kelas V di SD Negeri
1 Tanjung. Dia begitu sederhana dan tak jarang aku melihat dia berdiam di kelas
dan memilih membaca buku daripada jajan di kantin bersama temam-temannya.
“Mungkin dia gak bawa sangu?”, tanyaku dalam hati.
“Ya, bisa jadi”, celetukku kemudian karena setelah itu dia mengeluarkan sekantong plastik yang ternyata itu adalah sekotak nasi lengkap dengan lauknya.
“Ups, Tapi kayanya pendapatku salah, soalnya dia barusan menyisihkan uangnya ke kotak amal”.
“Ya, bisa jadi”, celetukku kemudian karena setelah itu dia mengeluarkan sekantong plastik yang ternyata itu adalah sekotak nasi lengkap dengan lauknya.
“Ups, Tapi kayanya pendapatku salah, soalnya dia barusan menyisihkan uangnya ke kotak amal”.
Pernah suatu hari, aku bertemu dengannya di taman kota dan
dia yang kukira pendiam justru menyapaku dengan riang, “Assalamu’alaikum, Tina.
Apa kabar?”
“Wa’alaikumussalam, Suci. Alhamdulillah baik, kamu?”, jawabku dan diapun segera menghampiri dan menyalamiku.
“Wa’alaikumussalam, Suci. Alhamdulillah baik, kamu?”, jawabku dan diapun segera menghampiri dan menyalamiku.
Setelah kutanya apa yang sedang dia lakukan, dia pun
menjawab kalau dia sedang membantu saudaranya.
“Saudaranya?” pikirku penasaran sebab yang kulihat hanya ada beberapa anak jalanan yang sedang berlatih membaca ataupun berhitung.
“Saudaranya?” pikirku penasaran sebab yang kulihat hanya ada beberapa anak jalanan yang sedang berlatih membaca ataupun berhitung.
Tiba-tiba, seorang anak seusiaku menghampiri kami seraya
menyodorkan secarik kertas pada Suci. Dan tak lama kemudian, Suci pun
mengacungkan jempol sembari berkata, “Alhamdulillah, nilai seratus buat kamu.
Makin semangat ya belajarnya, aku bangga sama kamu”.
Ternyata, yang ia maksud saudara yaitu mereka yang punya tekad kuat untuk belajar, namun tidak bisa mengenyam bangku sekolahan.
“Astaghfirullahal’adzim, aku jadi malu pada mereka”.
Ternyata, yang ia maksud saudara yaitu mereka yang punya tekad kuat untuk belajar, namun tidak bisa mengenyam bangku sekolahan.
“Astaghfirullahal’adzim, aku jadi malu pada mereka”.
Hampir setiap tindakan temanku itu membuatku bengong
keheranan, apalagi tadi pagi ketika dia maju ke depan kelas dan mengumumkan
kepada kami, “Bagi yang berkenan menyumbangkan pakaian dan buku, baik baru
ataupun bekas. Silahkan menghubungi aku ya. Terimakasih”.
Keesokan harinya banyak teman-teman yang turut menyumbang,
termasuk dia. Ia pun tak lupa mengucapkan terimakasih dan mendoakan kebaikkan
untuk kami lagi. karena masih penasaran atas apa yang ia lakukan, maka aku pun
ikut serta membawakan pakaian-pakaian yang telah kami masukan dalam kardus
untuk disumbangkan sesuai rencana.
Aku sesekali mengeluh kecapaian, ditambah lagi kakiku terasa
pegal-pegal karena sudah sejam perjalanan. Namun, kami belum sampai di tempat
tujuan.
“Ya, udah kalau gitu kita istirahat lagi ya?”, ucapnya seraya melemparkan senyum padaku.
“Subhanallah, dia begitu sabar, bahkan raut kesal akan keluh kesahku pun tak pernah tampak. Aku salut sama dia”, gumamku dalam hati sehingga aku mencoba tetap semangat dan semangat lagi seperti dia.
“Ya, udah kalau gitu kita istirahat lagi ya?”, ucapnya seraya melemparkan senyum padaku.
“Subhanallah, dia begitu sabar, bahkan raut kesal akan keluh kesahku pun tak pernah tampak. Aku salut sama dia”, gumamku dalam hati sehingga aku mencoba tetap semangat dan semangat lagi seperti dia.
Tak jauh dari pemberhentian kami yang terakhir, dia berkata,
“Alhamdulillah, sampai juga”.
“Alhamdulillah”, sahutku sembari menghela nafas panjang.
“Alhamdulillah”, sahutku sembari menghela nafas panjang.
Deg, aku terkejut dibuatnya ketika ia mengetuk pintu sebuah
gubug tua yang menurutku tak layak untuk dihuni. “Apa dia tinggal disini?”.
Belum sempat terjawab rasa penasaranku, tiba-tiba pintu terbuka, “kretek, kretek” terdengar begitu. Lalu, keluarlah beberapa anak kecil menyambut kedatangan kami.
Belum sempat terjawab rasa penasaranku, tiba-tiba pintu terbuka, “kretek, kretek” terdengar begitu. Lalu, keluarlah beberapa anak kecil menyambut kedatangan kami.
Tampak jelas rona bahagia di wajah mereka, terlebih ketika
mereka membuka kardus bawaan kami.
“Makasih ya kakak”, ucap mereka berbarengan kepada Suci.
“Iya, sama-sama, De. Ucapin juga ke teman kakak ini, namanya kak Tina” Balasnya seraya melirik ke arahku.
“Terima kasih, kak Tina”, seru mereka.
“Makasih ya kakak”, ucap mereka berbarengan kepada Suci.
“Iya, sama-sama, De. Ucapin juga ke teman kakak ini, namanya kak Tina” Balasnya seraya melirik ke arahku.
“Terima kasih, kak Tina”, seru mereka.
Tak sampai disitu, karena sebelum melaksanakan sholat
berjamaah, Suci pun mengulungkan buku-buku dan seperangkat alat sholat baru
untuk mereka.
“Ya, Allah. Ternyata dia baik banget”, ucapku lirih.
“Ya, Allah. Ternyata dia baik banget”, ucapku lirih.
Pukul 16.00 WIB..
Sedih rasanya beranjak dari tempat itu, namun aku juga tak ingin membuat orangtuaku khawatir karena belum pulang sehingga kami segera berpamitan dan menuju halte.
Sedih rasanya beranjak dari tempat itu, namun aku juga tak ingin membuat orangtuaku khawatir karena belum pulang sehingga kami segera berpamitan dan menuju halte.
Kupikir kita akan pulang menggunakan angkutan umum, tapi
satu, dua hingga empat atau lima bis ia biarkan lewat, padahal hari sudah mulai
sore. “Sebenernya apa yang ia tunggu?” pikirku.
“Cit..”, sebuah mobil mewah berhenti di depan kami dan
“Ayo”, ajaknya usai membuka pintu mobil yang entah milik siapa itu.
Sambil melihat-lihat isi mobil yang dipenuhi dengan
buku-buku, aku kembali dibuatnya terkejut ketika sang sopir berkata, “Nak,
Suci. Tadi ibu pesen agar kita mampir ke toko ibu dulu ya?”. Sedangkan Suci
hanya mengangguk, lalu mengajakku mengobrol tentang pelajaran di sekolah.
Kami berhenti di depan toko atau lebih tepatnya restoran dan
ia lekas memesankan hidangan untuk kami, begitu juga untuk sopir mobil tadi.
Beberapa saat kemudian, seorang ibu menghampiri seraya
mengecup kening Suci. Suci pun langsung memperkenalkanku pada ibu itu dan ternyata,
“Waw, ibu pemilik restauran itu adalah ibunya. Aku benar-benar tak menyangka.
Meski Suci serba punya, namun ia selalu tampil sederhana dan tidak
menyombongkan diri”.
Dan aku memberanikan diri untuk bertanya pada dia saat kami
melanjutkan perjalanan pulang dan jawab dia, “Untuk apa menyombongkan diri, di
atas langitkan ada langit, ya kan? Apalagi semua ini juga titipan-Nya semata”.
“Subhanallah”.
Cerpen Karangan: Adinta Asfiratun Husna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar